Teknologi Absen Pintu Perusahaan Berbasis Sidik Jari

Teknologi absen pintu perusahaan berbasis sidik jari kini semakin banyak dipilih untuk digunakan. Hal inibisa dilihat dari semakin banyaknya perusahaan yang menggunakan mesin absen berteknologi tersebut. Mungkin sistem absen pintu perusahaan seperti ini bukan menjadi hal asing lagi bagi Anda sekalian. Berbagai keunggulan bisa didapatkan melalui sistem absen seperti ini. Namun tidak hanya keunggulan saja tetapi juga terdapat beberapa kelemahan yang ada pada sistem absen sidik jari.

Proses penggunaannya praktis

Jika sebelumnya absen pintu perusahaan dilakukan dengan cara manual namun tidak dengan masa sekarang. Di masa yang semakin modern seperti sekarang ini rupanya absen dilakukan dengan menggunakan bantuan teknologi canggih. Salah satunya dengan menggunakan sistem absen yang berbasiskan sidik jari. Tentu saja sistem absen ini bisa digunakan dengan cara yang lebih praktis. Anda hanya tinggal menempelkan jari pada scanner saja. Kemudian tunggulah beberapa detik saja maka data Anda akan direkam dan disimpan di dalam data komputer perusahaan. Cara absen seperti ini tentu sangatlah praktis dan juga sangat mudah.

Tidak dapat memalsukan data

Dengan adanya absen pintu perusahaan yang menggunakan teknologi berbasiskan sidik jari maka absen bisa dilakukan secara lebih baik. Sebab absensi dengan menggunakan teknologi ini memiliki dampak positif bagi perusahaan. Salah satunya adalah menghindarkan perusahaan dari perbuatan curang karyawan. Mungkin saja absen dengan sistem manual berpeluang menimbulkan kecurangan yang dilakukan oleh pegawai. Namun absen dengan sistem sidik jari akan menghindarkan pegawai dari perbuatan curang. Sebab untuk absen maka Anda harus meletakkan jari Anda sendiri ke scanner. Hal ini tentu tidak bisa diwakilkan oleh orang lain. Oleh karena itu sistem absen ini banyak direkomendasikan untuk digunakan oleh berbagai perusahaan.

Bisa saja mengalami error

Bagaimanapun juga sebuah teknologi yang diciptakan manusia bisa saja mengelami error. Termasuk pula mesin absen yang menggunakan teknologi canggih seperti absen sidik jari. Mesin ini juga tentu bisa saja mengalami kesalahan dan error serta bahkan kerusakan. Misalnya saja saat Anda menempelkan jari Anda maka data Anda tidak terekam di data komputer perusahaan. Maka absen yang Anda lakukan di hari itu akan menjadi sia-sia. Selain itu mesin juga bisa saja tidak dapat difungsikan misalnya kaena listrik padam. Oleh karena itu mesin ini seharusnya dicek terlebih dahulu sebelum dioperasikan di tiap harinya. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan adanya error yang bbsia saja menimbulkan kerugian bagi pegawai.

Butuh perawatan rutin

Untuk menghindari sistem error maka sebaiknya mesin absen ini selelu dirawat secara rutin. Perawatan rutin tentunya perlu dilakukan agar mesin dapat selalu bekerja dan berfungsi dengan baik. Namun perawatan ini harus dilakukan dengan benar. Misalnya dengan cara membersihkan mesin dengan menggunakan lap basah. Usahakan agar mesin tidak terlalu basah sebab mesin justru bisa menjadi rusak. Selain itu software yang digunakan untuk membantu fungsi mesin absensi ini juga perlu dicek berkala. Dengan adanya pengecekan secara berkala maka nantinya diharapkan agar mesin absensi ini tidak akan mengalami error.

Teknologi absen pintu perusahaan berbasis sidik jari kian menjadi populer. Bahkan kini seolah menjadi suatu keharusan bagi banyak perusahaan. Dengan adanya absensi berteknologi tersebut maka diharapkan agar produktivitas pegawai bisa semakin meningkat. Pada akhirnya penggunaan teknologi ini diharapkan dapat membantu perusahaan.