Seberapa efektifkah mesin absen menjaga produktivitas karyawan ?

Seberapa efektifkah mesin absen menjaga produktivitas karyawan ?

Mesin absen – Beberapa orang mungkin sering menanyakan hal yang sama seperti di judul, efektifkah mesin absen menjaga produktivitas karyawan? Atau seberapa pentingkah mesin absen untuk sebuah perusahaan? , Namun sebelum kita mencari jawaban atas pertanyaan tersebut, mari kita kenal dan pahami lebih dalam lagi fungsi dari mesin absen.

SEJARAH DAN FUNGSI MESIN ABSENSI

Mesin yang pertama kali diciptakan pada akhir abad ke-18 oleh Williard L Bundy di amerika ini, dulunya berukuran sangat besar, yang lebih mirip dengan lemari pakaian atau tempat penyimpanan barang. Dan di abad ke-19 perusahaan yang dimilki L bundy bersaudara bernama Bundy Manufacturing Company ini barulah menciptakan mesin absen analog yang berukuran lebih kecil, yang mungkin lebih kta kenal dengan sebutan mesin absen “Ceklok”.

Mesin absen 1

Setelah beberapa kama mesin absen ceklok menjadi primadona absensi untuk karyawan, mulailah mengalami perubahan yang diiringi dengan kemajuan teknologi, dengan dibuatnya mesin absensi sidik jari. Pada awalnya alat pemindai sidik jari ini digunakan oleh FBI untuk mengungkap profil orang di area TKP, dengan menggunakan teknologi ini pelaku, korban ataupun saksi bisa terungkap. Dirasa cocok apabila ditanamkan pada mesin absen, sidik jari pun mulai diterapkan untuk absensi karyawan, dan hasilnya memang jauh lebih efektif ketimbang mesin absen ceklok. Keamanan dan keakuratan data menjadi lebih baik, begitu juga dari sisi pengeluaran uang untuk pengoperasian mesin, menjadi lebih hemat karena mesin absen sidik jari tidak membutuhkan tinta dan kertas lagi.

Innovation-RF700

Fungsi mesin absensi karyawan

  1. Mengetahui jam kehadiran, masuk dan pulang dengan akurat

Ini adalah fungsi dasar dari perangkat absen, dimana sebuah catatan kehadiran dapat terekam. Namun ada saja beberapa oknum yang nakal ketika perusahaan masih menggunakan mesin absen ceklok, yaitu menitip absen. Dengan menggunakan mesin absen sidik jari, hal itu tidak akan terjadi karena perangkat hanya bisa di akses oleh orang yang bersangkutan saja.

  1. Mempermudah penghitungan gaji

Seperti yang disinggung di atas bahwa mesin absen bisa mempermudah perusahaan dalam melakukan penghitungan gaji, beberapa perangkat sudah ditanamkan dengan software khusus, yang mampu mengatur data kehadiran, izin, sakit, tanpa keterangan, lembur dan lain-lain, jadi akan lebih menghemat waktu.

  1. Menjaga kedisiplinan karyawan

Selain berfungsi sebagai absensi karyawan, mesin absen juga bisa dijadikan sebagai alat pemantauan kedisiplinan karyawan, dengan seperti itu perusahaan bisa melihat siapa saja karyawan yang sering datang telat (kurang disiplin), dengan karyawan yang selalu datang tepat waktu (disiplin)

  1. Menjadi akses kontrol

Mesin absen digital saat ini tidak hanya berfungsi sebagai alat absensi saja, tapi juga bisa digunakan sebagai akses kontrol ruangan yang mampu mengontrol akses keluar dan masuk seseorang ke dalam suatu ruangan, agar keamanan ruangan tetap terjaga.

Setelah kita bahas dan mengetahui apa saja fungsi dari sebuah perangkat absen, kini kita bisa melihat seberapa penting dan efektifkah mesin absen untuk produktivitas karyawan, itu bisa anda nilai sendiri. Karena kesuksesan sebuah perusahaan bisa dinilai dari kinerja para karyawannya yang baik, dan itu semua bisa perusahaan agendakan dengan meningkatkan kedisiplinan karyawan.