Ternyata Begini Cara Manipulasi Absen Sidik Jari Yang Benar

Cara manipulasi absen sidik jari – Sebuah alat absensi karyawan dari era mesin absen ceklok sampai digital saat ini memang masih rentan akan kecurangan. Data transaksi dan kehadiran yang seharusnya bisa menjadi Patokan kedisiplinan karyawan ternyata masih bisa dicurangi dan di akali. Bahkan fenomena kecurangan pada mesin absen sidik jari atau digital juga di akui oleh roy tumiwa yang menjabat sebagai kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut pada tahun 2013 silam, saat kantornya sudah tidak lagi menggunakan mesin absen fingerprint karena terbukti masih banyak PNS yang melakukan kecurangan.

Secanggih apapun teknologi yang diciptakan pastinya masih bisa dijebol oleh orang-orang pintar, termasuk mengakali sistem absensi karyawan. Dan pada artikel kali ini akan membahas cara manipulasi absen sidik jari, yang pastinya trik ini akan berhasil apabila anda melakukannya dengan benar. Namun sebelum membahas cara manipulasi absen sidik jari, kita akan terlebih dulu mencari tahu apa saja kekurangan mesin absen yang ada saat ini.

KELEMAHAN DAN KEKURANGAN MESIN ABSEN

cara manipulasi absen sidik jari

 

  1. Data absensi di unduh dan datanya masih bisa di olah secara manual oleh pembuat laporan
  2. Cenderung mengalami error
  3. Screen terkadang tidak responsive
  4. Software atau aplikasi yang tertanam pada mesin absen tidak fleksibel untuk di atur sesuai jadwal kerja yang dibutuhkan perusahaan

Dan tadi adalah beberapa kekurangan yang ada pada mesin absen sidik jari, beberapa kasus juga sering terjadi karena human error seperti : sidik jari yang basah, Sidik jari terkelupas, jari kotor dan lainnya. Dan karena kesalahan dari pengguna itu pula pemindai sidik jari tidak berfungsi lagi dengan responsive dan akurat dalam membaca sidik jari. Setelah kita melihat apa saja kekurangannya sekarang kita akan mencari cara manipulasi absen sidik jari, Check it out!!!

CARA MANIPULASI ABSEN SIDIK JARI

cara manipulasi absen sidik jari 1

Dilihat dari kekurangan yang pertama bahwa mesin absen yang di unduh datanya masih di olah secara manual oleh si pembuat laporan. Data yang diunduh bisa di manipulasi dari sana, karena kebanyakan data absensi karyawan masih menggunakan format xlsx (Excel) sehingga dengan mudahnya celah ini dimanfaatkan dan di manipulasi.

Pada dasarnya tidak ada cara manipulasi absen sidik jari langsung ke perangkat, karena perangkat dilengkapi dengan teknologi canggih juga pemindai sidik jari yang tidak bisa di manipulasi. Seseorang hanya bisa mengakses mesin absen apabila menggunakan sidik jarinya sendiri.