Cara kerja software manajemen absen

Cara Kerja Software Manajemen Absensi Sidik Jari dan Teknik Pembacaan

Pasti sudah banyak yang tahu tentang fungsi dan cara kerja software manajemen absensi sidik jari. Akan tetapi, hanya sedikit orang yang tahu bagaimana cara kerja software manajemen absensi ini. Kali ini, Anda harus tahu tentang bagaimana kerja software mesin absen ini. Ada beberapa teknik pembacaan sidik jari yang ternyata setiap teknik tersebut memiliki kelemahan. Dengan mengetahui kelemahan tersebut, diharapkan Anda sebagai konsumen bisa lebih cermat untuk menentukan absensi digital yang bagaimana yang sebaiknya Anda pilih.

Cara Kerja Software Manajemen Absensi

Sebenarnya, cara kerjanya sangat sederhana. Setiap orang memiliki pola fitur sidik jari yang berbeda satu sama lain. Berangkat dari fakta penciptaan Tuhan yang sangat luar biasanya lah menjadikan alat absen menggunakan sidik jari ini tercipta.

Alat ini dilengkapi dengan fitur elektronik yang bisa merekam setiap pola sidik jari setiap orang. Semua pola tersebut akan disimpan di database sehingga alat ini akan menentukan siapa orang yang sudah melakukan absensi.

Cara kerja software manajemen absen
Cara kerja software manajemen absen

Memang sangat sederhana cara kerja alat ini. Namun, ada banyak sekali jenis alat absensi digital yang bisa Anda temukan. Itu dikarenakan adanya berbagai teknik pembacaan sidik jari. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, setiap teknik memiliki kelemahan. Anda harus tahu sebelum Anda menentukan absensi digital yang seperti apa yang ingin Anda beli.

Beberapa Teknik Pembacaan Sidik Jari

Setidaknya ada dua jenis teknik yang sebaiknya Anda ketahui. Tentu saja ada banyak sekali teknik pembacaan yang akan muncul mengingat ini berkaitan dengan teknologi. Dan teknologi tidak pernah berhenti. Teknologi selalu ada pembaharuan.

Cara kerja mesin absensi sidik jari

Akan tetapi, kebanyakan alat absensi digital di pasaran menggunakan salah satu dari dua teknik pembacaan sidik jari berikut.

  • Ultra Sonik

Teknik pembacaan ini termasuk salah satu yang paling canggih. Pasalnya, teknik ini juga digunakan di dalam dunia kedokteran. Jika diterapkan pada absensi sidik jari digital, ultra sonik ini akan mempu menembus lapisan epidermal kulit sehingga tidak masalah jika seseorang yang tangannya kotor mengakses absensi ini. Ini yang menjadi salah satu keunggulan dari teknik ini. Jika ada kotoran pada tangan atau pada screen alat absensi, maka alat tetap bekerja.

Hanya saja, jika terjadi kerusakan, Anda harus siap-siap mengeluarkan banyak uang. Cukup susah untuk memperbaiki alat ini jika terjadi kerusakan. Selain itu, tidak semua reparasi alat absensi dengan ultra sonik ini bisa memperbaiki.

  • Optis

Teknik pembacaan pola sidik jari yang satu ini lebih sederhana dan tidak secanggih ultra sonik. Cahaya menjadi inti utama teknik ini. Anda pasti sering melihat alat absensi sidik jari diginal yang satu ini. Jika Anda menempelkan jari Anda, maka ada cahaya yang mengidentifikasi diri Anda. Hasil pantulan cahaya tersebut kemudian diterima dan diproses untuk mencocokkan dengan data database.

Tidak seperti teknik pembacaan ultra sonik, optis ini cenderung memiliki banyak kelemahan. Anda mungkin perlu menempelkan jari Anda ketika ingin melakukan absensi karena kadang alat ini gagal membaca sidik jari Anda. Apalagi jika terdapat penghambat sekecil apapun seperti kotoran, maka alat ini biasanya tidak mampu membaca sidik jari Anda. Selain itu, ada kemungkinan juga seseorang menggunakan sidik jari palsu.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang cara kerja software manajemen absensi sidik jari serta cara pembacaanya. Dengan mengetahui hal tersebut, diharapkan Anda semakin bijak untuk menentukan jenis alat absensi sidik jari digital yang mana yang seharunya Anda pilih.